Thursday 13 June 2013

Sindir-menyindir

  "Semua yang lo lakuin itu ga ada yang bener!" Kadang kita sering mikir, mungkin pemikiran tadi yang ada di otak seseorang yang, dengan alasan tertentu, maupun itu serius atau sepele, benci banget sama kita. Mungkin keadaan bisa lebih nyebelin kalo orang yang kita benci tadi secara terus-menerus tapi ga terang-terangan, nyindir (atau bahasa kerennya sekarang itu "sepet") kita. Huuuuuh, padahal kitanya udah ga mau ngungkit masalah lama sama orang itu. Tapi, orang itu terus aja mancing emosi kita dan ga jarang juga malah jadi merembet kemasalah lain yang sebenernya, ga ada hubungannya dengan masalah utama antara kita dengan si orang tersebut.

   Menyebalkan? Jelas lah! Udah kebayang deh tindakan apa yang bakal kalian ambil kalo sampe hal ini terjadi sama kalian tapi sayangnya langkah ini bukan yang terbaik; Sepet balik. Kalo di socmed, terus saling ngelontarin sindiran dan gitu aja terus berulang-ulang sampe akhirnya ngeganggu pengheliatan pengguna socmed lain. Nah, disini letak masalahnya. Well contrary to your popular belief, kalo sepet balik itu cara paling enak buat ngelampiasin kekesalan, menurut ane itu malah nyulut lebih banyak masalah.

   Terus harus gimana dong? Simple sih. Ada 2 cara, yang menurut ane itu lebih ampuh untuk masalah model begini. 

  1. Pertama itu adalah diem. Kok bisa sih cara ini disebut terbaik? Well, inget pepatah kalo diem itu emas? Atau, mungkin kalian (bagi yang beragama islam) ingat kata-kata "Orang yang teraniaya doanya akan dikabulkan Allah"? Yah, ane ga mencoba untuk jadi ustadz disini hehe.... Tapi, disitu pointnnya. Mereka yang diem itu lebih memilih untuk ngebiarin orang-orang yang nyindir mereka. Entah mungkin sampe mulut mereka berbusa karena ngomongin kita atau sampe mereka bosen sendiri. Atau mungkin yang lebih bijaknya lagi, mereka berdoa supaya orang yang nyindir itu dapat apa yang sepantasnya mereka dapat. Cara ini juga bagus buat ngelatih kesabaran. Well, seengganya dengan diem kalian ga harus ribet-ribet berurusan dengan orang yang nyindir kalian kan? Tinggal tunggu sampe mereka bosen aja.
  2. Kedua, yah aga sedikit menantang dan susah sebenernya, yaitu dengan cara negur langsung orang yang nyindir. Tapi jelas, kalo kita mau menang, kita gaboleh negur dengan marah-marah. Cara ini, kalo kalian nemu cara yang pas, bisa ngedamaiin masalah kalian. Yaaah mungkin kalian sebagai yang disindir, bisa mulai tanya dulu baik-baik kenapa masalahnya? Terus kenapa nyindir? Dan kalo memang kalian harus minta maaf lagi, minta maaf aja. Dengan gitu, si penyindir juga merasa dihormati sama kita. Kelanjutannya? Well, kalian pasti bisa nebak sendiri lah gimana hehehe.

   So, which method will you use? Me, personally, lebih milih cara pertama sih hehehe karena ane ini kurang bisa ngomong. Tapi, ane pernah nyoba cara kedua dan hasilnya? Kita berdua malah ketawa-ketawa ngetawain masalah kita dulu.


"Kalo gamau dapet masalah, jangan cari masalah" - Tieke Pusfatiah (Mom)

No comments:

Post a Comment